15 Januari 2024 – Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar mengadakan Pelatihan Nasional Penulisan Artikel Berbasis Penelitian Tindak Kelas (PTK). Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 15 Januari 2024 di Aula PPG Kampus 3 UIN Alauddin Makassar dan dihadiri oleh Guru dari berbagai daerah.
Pelatihan ini menghadirkan Sahade, S.Pd., M.Pd., seorang ahli dalam bidang pendidikan, sebagai narasumber utama. Beliau membahas tentang orientasi dan asistensi dalam penulisan artikel berbasis PTK, memberikan panduan praktis serta strategi efektif untuk menghasilkan karya tulis yang berkualitas dan berkontribusi dalam pengembangan pendidikan.
Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. H. Andi Achruh menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen dalam mendukung pengembangan profesional guru melalui penelitian. “Penelitian Tindak Kelas merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Melalui pelatihan ini, kami berharap para guru dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah yang didasarkan pada pengalaman nyata di kelas,”
Sahade, S.Pd., M.Pd. dalam pemaparannya menjelaskan bahwa penulisan artikel berbasis PTK tidak hanya berguna untuk publikasi ilmiah, tetapi juga sebagai sarana refleksi bagi guru untuk terus memperbaiki praktik pengajaran mereka. “Dengan melakukan PTK, guru dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran dan menemukan solusi yang tepat melalui tindakan yang sistematis dan terukur,” terang Sahade.
Kegiatan pelatihan ini tidak hanya berfokus pada teori penulisan, tetapi juga melibatkan sesi praktikum di mana peserta diberikan kesempatan untuk menyusun draft artikel mereka sendiri. Peserta dibimbing langsung oleh Sahade dan tim fasilitator, memastikan setiap guru mendapat asistensi yang memadai dalam setiap langkah penulisan.
Salah satu peserta, Selviana menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat baginya. “Saya merasa lebih percaya diri untuk menulis artikel berbasis PTK setelah mengikuti pelatihan ini. Bimbingan dari narasumber dan fasilitator sangat membantu memahami proses penulisan yang baik dan benar,”
Dengan adanya Pelatihan Nasional Penulisan Artikel Berbasis PTK ini, berharap dapat menciptakan lingkungan akademis yang produktif dan inovatif, serta mendorong guru-guru untuk terus berkontribusi dalam peningkatan kualitas Pendidikan. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam mendorong budaya meneliti dan menulis di kalangan guru.