Optimalisasi Program Studi, Prodi PPG UIN Alauddin Makassar Ikuti Audit Mutu Internal

  • 11 Desember 2023
  • 06:29 WITA
  • Administrator PPG
  • Berita

Pada tanggal 11 Desember 2023, Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) di UIN Alauddin Makassar melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) sebagai bagian dari implementasi satuan penjaminan mutu internal. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan siklus PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan), khususnya dalam proses pembelajaran.

Audit Mutu Internal ini dilaksanakan di Gedung PPG Kampus 3 UIN Alauddin Makassar, dengan Firdayanti, S.Si.,T.,M.Keb bertindak sebagai audiator pelaksana. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kaprodi PPG, Dr. Usman, M.Pd., serta Sekprodi dan staf operator PPG.

Kaprodi PPG, Dr. Usman, M.Pd., membuka rangkaian audit dengan memaparkan profil lengkap Program Studi yang dipimpinnya. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya audit ini sebagai instrumen untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh prodi.

Audit Mutu Internal tahun 2023 ini merupakan instrumen baru yang berfokus pada PPEPP dalam proses pembelajaran di prodi. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh asesor lembaga penjamin mutu untuk memastikan bahwa program studi berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Dalam diskusi yang berlangsung selama audit, auditor dan pihak prodi membahas berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tahapan PPG dan proses pembelajaran, serta tingkat pencapaian kualitas kelulusan. Tujuan dari Audit Mutu Internal ini adalah untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, serta upaya meningkatkan akuntabilitas dan kualitas prodi, sehingga dapat memastikan bahwa lulusan PPG memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional.

Dengan pelaksanaan AMI ini, diharapkan Program Studi Pendidikan Profesi Guru di UIN Alauddin Makassar dapat terus berinovasi dan meningkatkan mutu pendidikannya, demi menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas dan kompeten.