Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru,
Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) UIN Alauddin Makassar menggelar Pelatihan
Nasional dengan fokus pada penulisan artikel berbasis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Kegiatan ini dihadiri oleh alumni PPG angkatan batch 2 dengan
pendampingan fasilitator, yang berlangsung di Aula PPG UIN Alauddin. (Gowa, 15
Januari 2024)
Narasumber utama pada acara ini adalah Dr.
Sahade, S.Pd., M.Pd, yang memberikan wawasan mendalam mengenai pentingnya
penulisan artikel berbasis PTK dalam pengembangan kompetensi guru.
Dr.Usman, M.Pd selaku ketua prodi PPG menyampaikan
bahwa kegiatan ini adalah menjadi langkah awal dalam pendampingan terhadap
guru-guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menyoroti output jurnal
yang telah terpublish, baik yang bersinta maupun yang tidak bersinta. Langkah
ini diambil untuk memastikan kontribusi nyata dari pelatihan ini dalam
peningkatan kualitas dan penerapan hasil penelitian tindakan kelas yang telah
dilakukan selama perkuliahan PPG.
Peserta pelatihan nasional ini terdiri dari
para guru PPG yang sebelumnya telah mengikuti program Pendidikan Profesi Guru
di UIN Alauddin Makassar. Hal ini sejalan dengan latar belakang kegiatan yang
merespon hasil penelitian tindakan kelas pada saat perkuliahan PPG.
Dalam sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan (FTK), menekankan kompetensi guru tetap
dipertahankan hal itu adalah kompetensi aspek pedagogik,
kepribadian, sosial, dan profesional yang wajib bapak ibu paham dan terapkan.
Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan
kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di tingkat guru,
dengan target akhir yakni publikasi jurnal bersinta, sesuai dengan standar
akreditasi Prodi PPG UIN Alauddin.
Kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam
rangka memberdayakan para guru PPG, memperkuat kualifikasi mereka, dan
mengembangkan kapasitas penelitian tindakan kelas sebagai bagian integral dari
proses pendidikan guru di UIN Alauddin Makassar.
Oleh: Akhdan